//
you're reading...
Artikel umum

BERCERMIN PADA PERJALANAN PERJUANGAN PEMUDA

Menjajaki fenomena Pelajar dari zaman ke zaman sungguh sangat menakjubkan. Pelajar yang berjuang tanpa tendensi apapun mencoba untuk bebas dari berbagai kepentingan. Dalam perjalanan sejarah membuktikan Pelajar sangat berperan dalam perubahan mendasar. Sejarah bangsa ini membuktikan bahwa bangkitnya perjuangan bangsa ini dimulai dari perjuangan pelajar dalam wadahnya yaitu Budi Utomo. Perjuangan yang dilakukan oleh pelajar saat itu patut mendapat pujian, dengan keterbatasan yang mereka miliki tidak menjadikan mereka patah semangat dan putus asa. Bahkan semakin memaksimalkan potensi dan mewujudkannya. Dengan tindakan pemuda yang sebagian besar adalah Pelajar ini mampu membangkitkan ruh perjuangan yang tertelan oleh penjajahan yang dilakukan Belanda saat itu.
Gebrakan kedua dilakukan oleh Pelajar dengan di Dengan adanya Sumpah Pemuda ini, Pelajar berusaha menunjukkan identitasnya sebagai anak bangsa Indonesia. Perjuangan yang mereka lakukan saat itu bukanlah sesuatu yang mudah mengingat akses informasi dan media komunikasi tidak secanggih zaman sekarang. Coba kita bayangkan bagaimana mereka harus berkomunikasi dengan teman-temannya yang ada di daerah lain. Mungkin kita enak hidup di zaman serba modern ini. Adanya alat komunikasi yang lengkap memudahkan kita dalam berkomunikasi. Namun bagaimana bila kita bandingkan dengan tempo dulu. Dengan keterbatasan yang ada mereka melakukan komunikasi jarak jauh. Dan pada titik akhir komunikasi yang mereka lakukan berhasil dalam satu sikap dalam Sumpah Pemuda yang mereka ikrarkan. Oleh karena itu, kita perlu merefleksikan semagat dan cita – cita mereka dalam kehidupan saat ini. Apalagi dengan segala fasilitas yang ada pada saat ini, sudah seharusnya kita melakukan sesuatu yang lebih daripada tempo dulu.
Perjuangan tanpa henti harus ditunjukkan oleh Pelajar dimanapun dan kapanpun, seperti yang dilakukan oleh Pelajar Indonesia. Terlepas dari apa yang telah dilakukan Pemuda yang notabene adalah seorang Pelajar pada tahun 1908 dan 1928 mereka kembali berulah dalam mengobarkan semangat bangsa ini untuk meraih kemerdekaan. Mulai dari proses mendorong percepatan kemerdekaan sampai kemerdekaan diperoleh dan dipertahankan.
Setelah kemerdekaan di peroleh bangsa Indonesia Pelajar tidak lantas puas dalam perannya merebut dan mempertahankan kemerdekaan tetapi juga berusaha mengisi kemerdekaan yang diperoleh ini salah satunya ditunjukkan dengan berdirinya Pelajar Islam Indonesia pada tanggal 4 Mei 1947. Ini merupakan organisasi kepelajaran yang berusaha mengisi kemerdekaan ini. Hal ini ditunjukkan dengan perjuangan mempertahnkan kemerdekaan yaitu dengan dibentuknya brigade PII sebagai wadah sehingga mampu berbuat lebih baik dan berguna terhadap bangsa dan Negara.
yang menampung Pelajar yang siap berjuang mempertahankan kemerdekaan. Di sisi lain Pelajar Islam Indonesia juga melakukan pelatihan – pelatihan, kursus – kursus dan keterampilan lain yang ditujukan pada Pelajar sebagai kemempuan dasar untuk menuju kedewasaan.
Fenomena historis telah mampu menjawab bahwaPelajar itu mampu dalam menghadapi perubahan. Dengan momentum penyambutan tahun baru Islam Pelajar perlu melakukan instropeksi diri dalam aktivitas yang telah dilakukan. Kalau teman – teman saat ini akan menghadapi ujian semester akan lebih baik bila kita mampu bercermin. Ketika dalam proses instropeksi ini terasa ada yang kurang dalam, proses belajar yang telah dilalui. Kita perlu meningkatkan intensitas belajar sebagai upaya pencapaian kesuksesan belajar. Bercermin dengan perjuangan dan keterbatasan masa lampau yang mampu membangkitkan semangat dalam langkah pencapaian cita – cita yang diharapkan . maka pada saat ini kita pun berharap akan kesuksesan belajar yang kita lakukan dengan berdirinya Pelajar Islam Indonesia pada tanggal 4 Mei 1947. Ini merupakan organisasi kepelajaran yang berusaha mengisi kemerdekaan ini. Hal ini ditunjukkan dengan perjuangan mempertahnkan kemerdekaan yaitu dengan dibentuknya brigade PII sebagai wadah sehingga mampu berbuat lebih baik dan berguna terhadap bangsa dan Negara.

About these ads

About 7assalam9

seorang yang berasal dari madura

Diskusi

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Asmaul Husna

Arsip

free counters

Powered by  MyPagerank.Net

SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Komentar Terakhir

Mr WordPress on Hello world!
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: